Sunday, December 4, 2011

Pengertian dan Tata Cara Penelitian Kepustakaan (Literer)

Menurut artikel yang ditulis Alibaba di http://tawatiwi.blogspot.com/2010/12/penelitian-kepustakaan.html (silahkan bagi yang berminat untuk keterangan lebih lengkap bisa mengunjungi url tersebut), ia menjelaskan bahwa yang dimaksud penelitian kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan hanya berdasarkan atas karya tertulis, termasuk hasil penelitian baik yang telah maupun yang belum dipublikasikan.

Contoh-contoh penelitian semacam ini adalah penelitian sejarah, berbagai penemuan rumus-rumus dibidang matematika dan statiska, dan lain sebagainya.

Ada beberapa langkah efektif dan sederhana yang bisa dilakukan dalam penelitian kepustakaan.

* Tentukan inti dari topik yang akan dibahas.
Coba nyatakan keyword yang bisa mewakili topik anda secara keseluruhan. Artinya anda perlu membatasi topik penelitian pada lingkup yang lebih kecil sehingga hasil penelitian menjadi lebih terfokus. Misal topik bahasan anda tentang perubahan iklim, kita bisa membuat pertanyaan, "Apa efek yang terlihat akibat perubahan iklim pada tanaman semangka?"
Contoh lain penelitian tentang pengaruh Facebook pada pecandu remaja, kita bisa membatasi masalah pada "Apakah ada hubungan antara Facebook pada keterampilan berbahasa dalam tulisan?"

* Teknik mencari informasi latar belakang.
Cari keyword yang telah kita bangun pada indeks bahasan pada ensiklopedia. Pada artikel yang berkaitan dengan keyword kita bisa kita dapatkan gambaran secara umum tentang konteks yang akan kita teliti. Perhatikan daftar pustakanya. Tambahan informasi latar belakang bisa didapatkan juga pada catatan kuliah, buku teks wajib, dan bacaan-bacaan lain termasuk website, tetapi usahakan gali lebih dalam sumber yang dipakai website tersebut (misal website tersebut mendasarkan tulisannya pada jurnal, majalah ilmiah, pernyataan resmi suatu instansi, dan lain sebagainya)


Sesuai namanya, perpustakaan adalah teman utama anda. Perhatikan setiap daftar pustaka pada buku yang anda baca. Lihat katalog dan abstrak. Gunakan mbah google.

* Memilah informasi
Pilah pustaka yang anda dapatkan dan pisahkan informasi yang tidak ilmiah. Bila jumlah sumber pustaka yang kita dapatkan terlalu banyak, saatnya mempersempit topik. Sebaliknya juga berlaku bila sumber yang kita dapatkan terlalu sedikit, topik penelitian kita perlu diperluas.

* Tuliskan kutipan menggunakan format standar.
Kutipan memiliki dua fungsi, pertama memberikan penghargaan kepada pengarang yang kita kutip. Kedua untuk memudahkan pembaca menemukan sumber yang kita kutip.

Berbeda perguruan tinggi/sekolah berbeda pula tata cata penulisan kutipan. Pelajari konsep yang berlaku ditempat kita.  (kadang beda dosen pembimbing juga beda gaya penulisan pengutipan  ;)

Sumber: http://tawatiwi.blogspot.com/2010/12/penelitian-kepustakaan.html

2 comments:

  1. bagaimana cara mebuat teknik uji validitas data untuk penelitian yang sumber primernya diambil dari perpustakaan, seperti kitab, buku dll. dengan tema penelitian hukum menghadap kiblat dalam shalat menurut mazhab syafi'i, tol di konfirmasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat saudara punya permasalahan ekonomi:hub aki santoro karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat hub di no 0823 1294 9955 atau   KLIK DISINI 100% tembus



      Delete