Menurut catatan Alfa Chintya, kajian
pustaka dan kerangka teori merupakan kerangka acuhan yang disusun
berdasarkan kajian berbagai aspek, baik secara teoritis maupun empiris
yang menumbuhkan gagasan dan mendasari usulan penelitian tindakan kelas.
Dasar-dasar usulan penelitian tindakan kelas tersebut dapat berasal
dari temuan dan hasil penelitian terdahulu yang terkait dan mendukung
pilihan tindakan untuk mengatasi permasalahan penelitian tindakan kelas.
Ary (1983 ) mengatakan bahwa sangat penting bagi peneliti untuk mencari
hasil penelitian terdahulu yang cocok dengan bidang yang diteliti
sebagai dasar pendukung pilihan.Dalam
pembahasan kajian pustaka dan kerangka teori perlu diungkapkan kerangka
acuhan komprehensif mengenai konsep, prinsip, atau teori yang digunakan
sebagai landasan
dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Uraian dalam kajian pustaka
diharapkan menjadi landasan teoritik mengapa masalah yang dihadapi dalam
penelitian tindakan kelas perlu dipecahkan dengan strategi yang
dipilih. Kajian teoritik mengenai prosedur yang akan dipakai dalam
pengembangan juga dikemukakan.
Kajian
pustaka dan kerangka teori dipaparkan dengan maksud untuk memberikan
gambaran tentang kaitan upaya pengembangan dengan upaya-upaya lain yang
mungkin sudah pernah dilakukan para ahli untuk mendekati permasalahan
yang sama atau relatif sama. Dengan demikian pengembangan yang dilakukan
memiliki landasan empiris yang kuat. (UM, 2005).
Fungsi Kajian Pustaka
Dalam penelitian terlebih penelitian tindakan kelas kajian pustaka dan
kerangka teori memiliki beberapa fungsi. Seperti yang dikemukakan
Zubaidah, (2007) bahwa fungsi kajian pustakan meliputi; (1) mengetahui
sejarah masalah penelitian, (2) membantu memilih prosedur, (3) memahami
latar belakang teoritis masalah penelitian, (4) mengetahui manfaat
penelitian sebelumnya, (5) menghindari duplikasi, dan (6) memberikan
pembenaran pemilihan masalah penelitian.
Amirin
(2000) memaparkan bahwa kajian pustaka juga digunakan untuk menyeleksi
masalah-masalah yang akan diangkat menjadi topik penelitian serta untuk
menjelaskan kedudukan masalah dalam tempatnya yang lebih luas. Konstruksi teoritik yang ada dalam kajian pustaka akan memberikan landasan bagi penelitian. Sehingga sumbangan kajian pustaka pada penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut;
-
Konstruksi Teoritik sebagai Dasar
Penelitian
apa pun tidak akan terlepas dari kerangka teori. Penelitian tidaklah
berarti tanpa teori sama sekali. Paling tidak sebagai pegangan atau
pedoman untuk memberikan asumsi atau postulat, prinsip, teori, konsep,
preposisi dan definisi operasional.
-
Konstruksi Teoritik sebagai Tolok Ukur
Penelitian tindakan berupaya untuk meningkatkan kinerja pembelajaran
atau proses kegiatan pembelajaran sehingga perlu sarana untuk mengontrol
baik tidaknya prosedur yang digunakan. Kerangka teori dapat membantu
sebagai ukuran patokan (standart atau tolok ukur) yang dimaksud.
-
Konstruksi Teoritik sebagai Sumber Hipotesa
Hipotesa pada umumnya dimunculkan dari kajian teori. Teori-teori yang
diragukan akan dicoba dan diuji kembali sehingga terbentuklah hipotesa.
Dasar rasional mengapa harus diuji kembali karena pembuktian secara
teoritis harus diimbangi dengan pembuktian secara empiris.
Penyusunan Kajian Pustaka
Dalam menyusun kajian pustaka perlu usaha untuk mengumpulkan sumber sebanyak-banyaknya. Sumber
tersebut harus relevan dengan masalah yang diangkat dalam penelitian.
Kajian pustaka dapat digunakan dengan dua pola; yaitu deduktif dan
induktif. Dengan dedukutif kita mulai dari proposisi yang berlaku umum
dan memberlakukannya pada keadaan khusus, serta berlaku sebaliknya untuk
induktif.
Langka-langkah yang dilakukan dalam penyusunan kajian pustaka; (1)
siapkan butir-butir yang perlu dalam mencatat informasi dari pustaka,
(2) siapkan sistematika pengumpulan informasi, dan (3) mencari informasi
sebanyak-banyaknya dari bahan kepustakaan maupun internet.
Supaya
peneliti lebih mudah dalam penyusunan kajian pustaka perlu
diperhatikan hal-hal berikut; (1) gunakan masalah penelitian sebagai
fokus, (2) buat rencana urutan pencarian dan penulisan, serta (3)
menekankan keterkaitan pustaka dengan masalah penelitian. ………………dst
Baca selengkapnya di buku DESIGN ACTION RESEARCH Pengarang: Erna
Febru Aries S., S.Pd., M.Pd., Penerbit: ADITYA MEDIA dapatkan segera
bukunya dengan hub. Tlp: 081 803 802 797
Sumber online: http://aflahchintya23.wordpress.com/2008/02/23/kajian-pustaka-dan-kerangka-teori-merupakan-landasan-berpijak-dalam-penelitian/
No comments:
Post a Comment